Puisi-puisi karya anak 4D

Gunung
Karya : Afra

Gunung membuatku terpesona dalam keindahanmu
Keindahanmu ….
tidak menandingi dengan keindahan yang lain
Tapi, saat itu gunung meletus membawa banyak korban
Orang tidak lagi punya tempat tinggal
hewan pun juga kehilangan habitatnya
Tetapi…..
keindahanmu itu pasti tidak akan mengecewakan orang
Dia hanya inngin melihatmu selamanya
Dan pastiku akan menjaga mu setiap saat

Oh Sungaiku
Karya : Ahmad Satriamulya

Oh…. Sungaiku

Oh… sungaiku
Engkaulah bagian dari hidupku
Andaikan saja kau bersih
Air yang mengalir membuatku ingin bermain
Bersama ikan-ikan yang hidup di sana

Oh sungaiku….
Andaikan saja kau bersih
Kau akan membuat kota ini menjadi indah

Laut
karya : Arita Anandari

Laut begitu indah
Laut begitu mempesona
lautlah yang memberikan manusia kehidupan

Tapi… mengapa kau rusak laut
mengapa engkau cemari laut yang indah ini

Wahai manusia….sadarlah !!
wahai manusia…. Jagalah
Keindahan laut janganlah engkau rusak

Agar suatu saat nanti
anak cucuk kita masih melihat indahnya laut

Sungai

Karya : Aulia

Sungai.. airmu deras

Kau turun dari tempat yang tinggi

Hingga kau sampai di tempat yang rendah

Tetapi…. Mengapa kau dikotori

Seharusnya kau memiliki air yang jernih

Apakah ini??

ulah tangan manusia??

Yang telah mengotorimu

Sehingga banyak sampah berserakan di tempatmu

Kau pantas menjadi keindahan dalam hatiku…

PANTAI
Karya : Dhiya Khairana Apsari

Saat matahari terbit
aku langsung terbangun
Aku melihat pemandangan pantai begitu indah
Pantai berpasir putih nan lembut
Ombak berkejaran
membuat orang tertarik bermain dengannya
Kerang di pasir putih
membuatku ingin mengambilnya

Tapi saat ini
Aku melihat pantai telah rusak
Pasir yang putih menjadi kotor
Ombak-ombak yang bersih menjadi kotor
Kerang yang berserakan menjadi habis diambil manusia

Siapa yang merusak semua ini?
Sepertinya manusia yang sudah merusak semua ini
Aku yakin suatu saat nanti
mereka akan sadar bahwa semua yang mereka lakukan
telah merusak pantai-pantai kita semua

PANTAI
Karya : Farah

Pantaiku selalu ramai akan pendatang
Pagi atau sore banyak orang yang datang
Entah bermain ombak, berselancar dan berenang
Tapi, selalu berbeda saat malam menjelang

Angin malam dingin berhembus
Hanya terdengar deburan ombak
Tanpa tawa atau teriakan ceria mengalun
Hanya sepi di bawah sinar purnama

PANTAI
Karya : Kiki

Pantai…
Di mana pasir banyak dan bersih
Tempat orang berlibur dan bersantai
Indonesia mempunyai banyak pantai
Tapi sayang banyak yang tidak terawat
Alangkah indahnya
kalau pantai tak ada sampah yang berserakan
Pantainya lebih nyaman
Wisatawan banyak mengunjungi pantai
Apabila ada pohon bakau
Pastinya pantai lebih aman dari tsunami

PANTAI
Karya : Fellicia Naurah A

Oh pantai
Begitu indah pemandanganmu
Betapa lembut pasir putihmu
Membuat kesejukan yang tak ternilai
Bagi orang yang ada di sana

Kepiting hidup dan bersenang-senang di permukaan
Telur kura-kura berada di dalamnya

Betapa banyak manfaat yang telah kau berikan
Membuat semua orang bermain ceria dan bersenang-senang

Tapi, mengapa mereka mengotorimu?
Mengotorimu dengan sampah dan limbah yang tak berguna
Membuat engkau tidak terlihat bersih lagi
Membuat engkau tak enak untuk dilihat

Namun, selama masih ada waktu
Marilah kita membersihkannya
Membersihkannya hingga bersih kembali

Karena itu, ayo kita buat pantai yang indah

PANTAI
Karya : Avo

Pantai….
Tempat orang berekreasi
Sangat indah dipandang mata
Ingin aku pergi ke sana
Berekreasi dan bercanda ria
Bersama sanak keluarga

Aku senang pergi ke sana
Bisa main selancar dan main ombak
Jika kakiku kena pasir
Hangat dan lembut membelai

Pantai…
Di waktu pagi dan sore hati
Sungguh sangat menawan hati
Cahaya matahari menyinari

SUNGAI di INDONESIA
Karya : Dika

Sungai…
Kau adalah perairan yang menuju laut
Mulai dari hulu sampai bermuara di laut
Karena banyak ikan air tawar hidup di sungai
Maka banyak juga orang memancing ikan
Tetapi ternyata….
ada juga yang mencuci pakaian dengan detergen
Sehingga kebanyakan sungai di Indonesia menjadi kotor

Ayo lestarikan sungai di Indonesia!
Jangan mencuci pakaian di sungai
Jangan pula buang sampah di sungai
Biarkan ikan hidup di sana

PANTAI MUTIARA DUNIA
Karya : Tsar

Pantai..
Begitu indah dirimu
Tak ada yang seindah dirimu
Orang-orang semua takjub akan keindahanmu
Semua orang datang ke pantai untuk banyak tujuan
Ada yang ingin bermain dengan pasirmu yang lembut
Dan ada juga yang ingin melihat matahari tenggelam saat sore

Pantai…
Kau bagaikan mutiara bagi dunia
Yang tak ingin hilang oleh semua orang
Tak pernah orang bosan melihat keindahanmu
Kau selalu menawan di mata semua orang

Tapi…
Mengapa orang-orang mencemarimu
Membuang sampah sembarangan di pantai

Andai pantai hidup dan bisa bicara seperti manusia
Pasti dia akan marah kepada kita
Maka kita harus buang sampah pada tempatnya
Agar mutiara kita… pantai kita selalu terjaga

NASIB Si SUNGAI
Karya : M. Daffa Triaputra

Sungai…
Kasihan sekali nasibmu
Di tubuhmu banyak sampah
Siapa gerangan yang merusakmu?

Tangan jahil manusialah yang membuatmu kotor
Padahal mereka itulah yang membutuhkanmu
Air milikmu menjadi tumpuan hidup mereka

Pekerjaan rumah semua mereka lakukan di tepimu
Anak cucu mereka juga tak pernah bosan bermain denganmu

Kau dapat menggerakkan turbin yang menghasilkan listrik
Listrik itulah kemudian yang dipakai manusia untuk hidup
Mereka sepatutnya menjaga dan merawatmu
Mengasihi anugerah Tuhan

Sungai…
Bersabarlah menerima perlakuan mereka
Memang mereka tak tahu diri

SUNGAI
Karya : M. Farhan Haykal

Sungai…
Kau adalah tempat perahu kecil lewat
Tetapi…
Mengapa orang-orang membuang sampah ke tempatmu

Seharusnya orang-orang membersihkan tempatmu
kau bisa mengalir sampai ke laut
Nelayan yang jauh dari laut
Dapat melewati tempatmu

Ikan-ikan bisa tinggal di tempatmu
orang-orang bisa mandi di tempatmu
Kau mengalir terus menerus
Kau mempunyai banyak nama-nama
Airmu dapat menyuburkan tanah

PANTAI
Karya : Rizky

Pantai adalah tempat wisata yang mengasyikkan
Dulu… Aku lihat kau dari bukit
Kau terlihat sangat indah dan sangat bersih
Mengapa Kau sekarang tidak enak dipandang?

Kau tidak enak dipandang
Karena perbuatan tangan yang jahil
Semoga semua orang membersihkan kau dari sampah
Ayolah jaga pantai!

KENAMPAKAN ALAM
Karya : Salma

Oh…
Kenampakan alam
betapa indahnya kau
Gunung, sungai, pantai
Kau membuatku gembira
Aku akan merawatmu sepenuh hati

Tapi..
Janganlah kau membuat kekacauan
Seperti gunung meletus
Laharmu yang panas jangan dikeluarkan

PEMANDANGAN ALAM
Karya : Salsabila Ramadhani

Oh.. pemandangan alam memang sangat indah
Tiada yang bisa menandingi indahnya pemandangan alam
Gunung menjulang tinggi di sana
Sawah hijau mengembang
Sungai tampak berliku
Laut biru terbentang luas indah sekali
Ombak pun tampak membasahi hamparan pasir putih
Pemandangan sunset di pantai melengkapi indahnya pemandangan alam

Dari bukit aku melihat itu semua
sungguh mataku tak bisa berkejap
Karena sudah tersihir oleh keindahan alam semesta ini
Siapakah yang telah menciptakan semua ini?
Allahlah pencipta segalanya
Pencipta alam semesta yang indah ini
Kita patut bersyukur kepadanya
Sebagai rasa terima kasih kita kepadanya
Atas semua rezeki yang telah di dapat

Oh pemandangan alam
Aku tidak bisa melepaskan pandanganku darimu
Akan ku jaga engkau selalu
Agar engkau terus terawat dan tetap indah dipandang

GUNUNG
Karya : Kyra

Gunung engkau sangat tegar
Tenang penuh bijaksana
Engkau memuntahkan lahar dari mulutmu
tapi engkau bukan hanya merusak
Engkau juga menyuburkan tanaman
Engkau pun menguntungkan orang-orang
Engkau mengeluarkan barang tambang

Gunung…
Engkau sangatlah indah
Kami bisa melihatmu dari jarak jauh
Oh… gunung… engkau sangatlah kekar

DANAU
Karya : Tubagus Rifqi Hanif

Danau..
Engaku genangan air yang luas
Engkau tempat di mana ikan hidup
Tempat orang menikmati keindahan alam
Engkau sangat bermanfaat bagi manusia

Bencana datang…
Datang bagai arus menerjang
kadang bencana membawa kesedihan orang
kesedihan yang terbawa arus dan hilang

Engkau takkan membawa bencana
Bila orang melakukan kebaikan
Melakukan hal yang benar bukan yang salah
Danau ciptaan Allah yang Maha Besar

DANAU
Karya : Yogasatya

Danau tenang dengan pemandangan yang indah
Danau tempat tinggal berbagai macam jenis ikan
Tempat orang menikmati pemandangan alam
Tempat orang rekreasi dan memancing

Situ Gintung…
Danau yang indah dan tenang
Tiba-tiba bergemuruh dan menumpahkan air deras maha dahsyat
Menyapu seluruh benda yang dilaluinya

Rumah, kendaraan dan harta benda hancur lebur
Banyak orang yang tak terselamatkan dan meninggal
Astagfirullah Hal Adziim.

LAUT
Karya : Adit

Laut engkau tempat yang indah
Banyak hewan yang hidup dan aneka ikan yang banyak
Jika mendengar suaramu seperti hidup terasa damai

Ombak anginĀ  yang banyak
membuat wisatawan ingin ke sana
Matahari yang terbenam
Angin yang kencang
Ombak yang tinggi
Membuat disukai wisatawan

PANTAI yang KUCINTAI
Karya : Rara

Pantai di mana ada jejak telapak kaki di pasir
Ada air yang jernih
kerang-kerang di pasir
Ada hewan merah yang mempunyai capit

Pantai..
Pantai sangat indah
Jika sore hari bisa melihat sunset
Kita dapat berlayar dengan keluarga
Kita bisa bermain dengan ombak yang berkejaran
Kita bermain di pantai

Betapa indahnya pantai yang kucintai
Betapa indahnya suasana yang ada di pantai
Aku ingin ke sana setiap hari

INDAHNYA PANTAI
Karya : Akbar

Pantai..
Kau tempat yang indah
Kau membuat orang-orang terhibur
Kau adalah tempat wisata yang sangat indah
Angin sepoi-sepoi membuat orang menjadi nyaman

Pasirmu yang sangat lembut
Tidak kasar seperti batuan yang hancur
ombakmu yang sangat besar
membuat orang terhibur setelah bermain di pantai
Angin yang berhembus sangat kencang
Membuat pohon-pohon bergetar

JAHATNYA GUNUNG MELETUS
Karya : Zaki

Jahatnya kau gunung meletus
Kau telah membunuh manusia
Mengapa engkau membunuh banyak korban
Dengan laharmu yang panas
Kamu bisa membunuh manusia lebih dari satu juta orang
Karena laharmu pula binatang-binatang menjadi mati
Dan hutan pun menjadi gundul

Gunung merapi…
tolonglah kami
Janganlah engkau mengeluarkan lahar panasmu

LAUTKU yang INDAH
Karya : Selma

Putih-putih berlari
Biru-biru menggenang
Hijau-hijau menari
Lautku indah kupandang

Bayang awan menggantung
Angin bertiup menggerung
Air biru beriak
Lautku marah berombak

Vote …….

~ oleh yuhertanti pada April 7, 2009.

51 Tanggapan to “Puisi-puisi karya anak 4D”

  1. Puisinya anak-anak 4D bagus-bagus
    teruslah berkarya….. mudah-mudahan kalian menjadi penyair yang terkenal….

  2. Bagus bgt puisinya..,
    lanjutkan terus yah karyanya.., smoga impian adek2 tercapai..
    amin..!!

  3. puisix bgs2 tp msh byk puisix yg blm pake kt2 yg puitis

  4. tyuz kan prestasi mu. smpai ccta” mu tercapai

  5. bagus banget tapi kurang ada diksi

  6. bagus banget yang punya Arita Anandari tapi gak nyambunga puisinya

  7. pUisi’a bgs” bgt ya ,,, aku sampe iri,,

    ajarin donk bwt puisi,, soal’a akuu gak bisa ..
    heheh …

  8. selma bagus tapi sedikit

  9. kata aku paling bagus sich puisinya felecia

  10. Bgs,,bgs,,, membantuku juga dalam mengerjakan PR…

    thanks yah..

  11. puisinya bagus baguss ..
    buat lebih banyak lagi .. :D

  12. bagus buat anak ukuran esde… n_n

  13. aduh,,,,,,,,,,, puisi nyua bGus” bnGet………..
    jDi maLu nhie w x biSa bikin puisi kya nAk” nhio……….

  14. buaT sMua’y puisI’y bgUS” bNGet…………….
    Tru5 b’kaRYa yua………………………………………..

  15. puisi bgs tp krang bnyak paragrafnya pdahal klo byk akan tmbah bgs lg tuch….yg gunung,,,,,, :(

  16. ingin membuat puisi pantai

  17. all poems in all this web is really great :) i hope all the kids here could make the poem better than this. i llove felliecea’s and arita’s GOOD LUCK :D

  18. w senenk BeudhZ,,, banggha gtwuz QereNT BanGGettzzzZZ,,,

    LupHz YeAWH W SUQA PUNYA NYA FELECIASZ

  19. Wah Salut nih aku sama kalian !
    by ;hari SMAN 13 JKT.

  20. waaah bagus-bagus yah puisinya, truz berkarya yah!!!!
    jangan lupha mampir ke blog saya di
    maralda.wordpress.com

  21. Qeren BEUDzx ETDAHYA’ BUJUQ BUNENK MANTAPz BuedZs dech heheheheheeh h3h3h3h3h3h3h3 qlo kta’ q sh pling bgz pny ny diya keren abizzzzzz :**** xoxo

  22. keren puisi nya..
    sekarang udah kelas brp….

  23. puisi nya bagus banget :)

  24. puisi nya bagus2 :)

  25. bAGUSSSSSSSSSSS

  26. thxxx ea dach kasi puisi
    Q butuh bnget puisi kali
    Thx

  27. terimakasih puisinya,sangat membantu inspirasi pelajaran anak saya..sukses selalu ya

  28. hufh bagus anak karya mana nih?

  29. lumayan, buat yg baru lagi

  30. Thankyouuu:) sure, we will do better than this one. now we r in the 6th grade. we will posts some poems laterr:) VOTEVOTEVOTE FOR MEEEE:D

  31. bagus bagus euy puisinya
    saya aja belum tentu bisa membuat puisi sebagus ini

  32. ini baru namanya ank indonesia..lanjutkan terus karyanya dik..

  33. qw sngat t’trik dgan puisi ne……..
    Coz mncrtakan keindahan alam……..

    Cp ea eank buat krya ne??

  34. wah… hebat bgt pd bisa bikin puisi, aku ajah bikin puisi gx jadi-jadi

  35. hmmmm…… kren bnget puisi2 ny ….!!!!!!!!!!!!!!!!!

  36. thanks uda cukup bagus sich ya,,,,di tambah lagi yach karya puisi nya,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!1

  37. wah keren !!!!!

  38. Krenz Dech…………

  39. puisi nya bagus-bagus.
    and kern-kern hebat nya anak indonesia.
    gWE jADI ShALUT NH !!!

  40. wuaaaaaaaau bgs bgt krya nya klian smua ku ska:-}
    pas bgt qu kan ad tgs dri skull bleh ngga qu kopas kalian punya puisi?!

  41. ihh keren bgt,pertahankan nieh semua oke :)

  42. kok bisa kalian buat kalimat yg keren2 gitu sich???^_^

  43. buatin q yg tntg lautan pa pantai gtu dong,keidahan alam

  44. wuah kereen…
    pas banget lgi ada pr bahasa, jdi skalian kopi-paste, minta izin ya…

  45. ah….gmana ea buat puisi bagues2 gni ,,,,ajarin q ea “_”

  46. biasa aja tuh ..
    tp , gue mau pake buat tugas gue ..
    wkakakak ..

  47. good men gw ambil satu yeach cz d sruh guru gw hehe

  48. tolong ea :)

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: