Membuat Karya Teknologi Sederhana Oleh Siswa SD Kelas 5

Berkaitan dengan materi IPA tentang “Pesawat Sederhana, Magnet dan Listrik”  Siswa-siswa kelas 5 SD An-Nisaa bersaing membuat karya teknologi sederhana. Mulai dari Alat pendeteksi gempa,  alat mengecat, elektromagnet,  lift, roket air, card slider , floating dock,  sampai alarm pesawat, dan masih banyak lagi.

Semua karya teknologi terapan sederhana itu dikompetisikan dan dipamerkan pada acara “Exhibition of  Simple Technology” tanggal 11 Maret 2009 yang lalu.  Kegiatan yang merupakan puncak tema kelas 5 ini dapat diselenggarakan , berkat kerjasama guru-guru level 5, class parent maupun para sponsor.

Memasuki Hall yang merupakan tempat Exhibition of  Simple Technology, ada rasa keingintahuan yang besar dalam diri saya untuk melihat kreativitas anak-anak SD An-Nisaa’ membuat karya berteknologi sederhana. Harapan saya… saya dapat melihat semua stand yang ada.

Sewaktu saya mendatangi standnya Alika, ia  begitu bersemangat menjelaskan tentang alat deteksi pesawat yang jatuh, yang ia beri judul “Aeroplane Alert” .  Sebenarnya ide  hasil karyanya, ia ambil dari  kereta gantung yang ada di TMII. Pesawat yang ia buat dipasangi kawat sehingga  sewaktu pesawat itu jatuh,  tidak langsung ke bawah melainkan menggantung di kawat yang telah terpasang, nah.. ketika menggantung di kawat itulah alarm  jadi berbunyi.  Saya hanya mengangguk-angguk saja mendapatkan penjelasan dari Alika.

Kaki saya melangkah lagi menuju stand yang lain.  Saya berhenti di depan stand Marsha dan Yasmine. Mereka membuat sebuah alat mewarnai yang sudah dipasang kuas.  Cara bekerja alat tersebut ialah ketika kertas akan diwarnai, kita hanya menggerakkan alat tersebut, lalu dengan sekejap kertas yang kita sediakan sudah terpoles dengan warna-warna yang kita inginkan.  Wah… sepertinya mudah ya… Sayangny,a tidak semua stand saya kunjungi…. karena waktu berkunjung saya sudah habis.

Dari seluruh hasil karya berteknologi sederhana,  5 siswa  masuk final. Mereka adalah Ipang  5N ( Card Slider),   Nabila Ruvianty 5Y(Floating Dock), Nafa 5Y (Roket Air), Reza-Hayyuu 5 N(elektromagnetic) dan Nabila Aulia-Soraya 5A (Pelontar). Untuk mendapatkan juara 1, 2 dan 3 para finalis mempresentasikan hasil karyanya di hadapan para juri.

Inilah para pemenang lomba Exhibition Simple Technology Grade 5 :

Juara 1. Ipang (5N) dengan alat Card Slider

Juara 2. Nabila Ruvianty (5Y) dengan alat Floating Dock

Juara 3. Hayyuu dan Reza (5N) dengan alat elektromagnet

Buat teman-teman yang tidak sempat ke pameran, mungkin dapat melihat foto-foto dokumentasi saya.

Elektromagnet By Hayyu dan Rezza

Elektromagnet By Hayyu dan Rezza

Aeroplane Alert by Alika

Aeroplane Alert by Alika

Alat Mengecat By Marsha dan Yasmin

Alat Mengecat By Marsha dan YasmiRoket Air By Nafa

Neraca Pegas By Dinda

Neraca Pegas By Dinda

Membuat Lift dari Lego by Andien

Membuat Lift dari Lego by Andien

Alat Pendeteksi Gempa By Rizki

Alat Pendeteksi Gempa By Rizki

~ oleh yuhertanti pada Mei 6, 2009.

15 Tanggapan to “Membuat Karya Teknologi Sederhana Oleh Siswa SD Kelas 5”

  1. wah dahsyat karyanya. saya berharap jika nanti sudah besar akan memajukan bangsa ini melalui teknologi

  2. wah hebat euy………

  3. kok tidak ada cara pembuatan dan alat alat y diperlukannya….

  4. wah…hebat!!!

  5. asl. boleh tau cara bwat lift dengan teknologi sederhana tolong jelaskan waslm. khafidz

  6. hebat bagus smua

  7. hebat kali pasti saya gak bisaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa kannnnnnnnnnnnnnnn hebat,hebattttttt

  8. YA, BAGUS-BAGUS TAPI MANA CARANYA?

  9. sulitsulittttttttttttt

  10. aduh mau ada lomba iptehk tapi ga bisa….

  11. keren, tapi mana caranya bro ??

  12. ,,hebaat,,
    ,,tapii manaa caraa nyaa,,??

  13. Saya mau tahu bagai mana cara membuat miniatur lip???Mohon bantu kami.Soalnya saya mau Lomba IPTEK Terimakasih.

  14. hebat

  15. inni cranya mbuatny gmn ya gan?

Tinggalkan Balasan

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

